Sabtu, 01 Desember 2012

WIRELESS



Pada perkembangan tekhnologi yang semakin pesat ini khususnya dunia internet yang menyimpan segala bentuk informasi yang dapat kita pergunakan dalam menjalani kehidupan ini. Contohnya membantu tugas kita,setelah kita tinggal search aja di google lalu disitu akan langsung muncul sesuai apa yang kita cari tadi, selain itu internet sekarang sudah di fasilitasi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Yahoo-Mesangger dan kini yg terbaru Hello. Dalam menggunakan internet itu sendiri kita membutuhkan sebuah modem portable unlimitted dan tentunya sebuah wireless, wireless itu sendiri biasanya terdapat pada sebuah tempat yang menyediakan sebuah hot-spot area yang di dalamnya terdapat sebuah jaringan internet yang bisa kita connection dengan Handphone ataupun sebuah laptop.
Wireless adalah salah satu media transmisi yang memakai gelombang radio dengan media transmisinya dan selanjutnya dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnet yang bisa kita sebut dengan jaringan nirkabel (jaringan tanpa kabel) yang bertujuan untuk memfasilitasi antara laptop maupun Handphone ke jaringan internet yang terdapat pada tempat khusus yang menyediakan sebuah titik akses internet/Hotspot area. Dan kita tinggal memasukkan sebuah kata kunci/password untuk menghubungkannya ke internet, isi password tersebut biasanya tergantung pada tempat yang kita mau gunakkan fasilitas internet itu sendiri.
Selain itu Wireless mempunyai kelebihan dan kekurangan di antaranya :

1.Kelebihan Wireless
a.Mobilitas dan Produktivitas Tinggi, dimana WLAN memungkinkan client untuk mengakses informasi secara realtime sepanjang masih dalam jangkauan WLAN, sehingga meningkatkan kualitas layanan dan produktivitas.
b.Kemudahan dan kecepatan instalasi, karena infrastrukturnya tidak memerlukan kabel maka instalasi sangat mudah dan cepat dilaksanakan, tanpa perlu menarik atau memasang kabel pada dinding atau lantai.
c.Fleksibel, dimana WLAN sangat memungkinkan untuk membangun jaringan pada area yang tidak mungkin atau sulit dijangkau oleh kabel, misalnya dikota-kota besar, ditempat yang tidak tersedia insfrastruktur kabel.
d.Menurunkan biaya kepemilikan, disini kita tidak perlu lagi memasang modem internet unlimited yang di bayar setiap satu bulan sekali.

2.Kelemahan Wireless
a.Biaya peralatan mahal, Seperti yg jelaskan di atas kita tidak perlu lagi membeli modem internet dan kita setiap bulannya tidak meski membayar tagihan internet yang sebegitu besarnya.
b.Delay yang besar, pada masalah ini kita dihadapkan pada sebuah problem masalah propagasi radio seperti terhalang, terpantul dan banyak sumber interferensi jadi terganggu oleh jaringan
c.Kapasitas jaringan menghadapi keterbatasan spektrum, (pita frekuensi tidak dapat diperlebar tetapi dapat dimanfaatkan dengan efisien dengan bantuan bermacam-macam teknik seperti spread/menyebar.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar